Kamis, 30 November 2017

strategi pemasaran rabbani

Strategi market
Meskipun saat ini banyak produsen lain yang menjual kerudung instant dengan berbagai macam gaya dan merek, namun Rabbani tetap eksist karena memiliki citra tersendiri yang tak pernah kehilangan konsumen, hal ini terbukti dari jumlah cabang yang saat ini telah mencapai 136 yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 cabang yang baru saja di buka pada awal Ramadhan di Malaysia. Rabbani menargetkan, jumlah gerainya kelak bisa mencapai 245 unit. Tidak hanya dari Indonesia, konsumen Rabbani pun datang dari Negara jiran seperti Malaysia, Singapura, bahkan Hongkong.  Ada beberapa hal yang mendukung rabbani tetap eksist;
1.       Selalu mengikuti perkembangan zaman.
      Produk yang dihasilkan fashionable dan tetap syar'i dengan mengedepankan trend dan model terkini, sehingga diminati dari anak-anak, remaja, orang tua hingga manula.
2.   Menggunakan nama unik, seperti mengunakan merek mobil untuk produk yang dirilisnya. Sebut saja Innova, X-trail, Vitara, Starlet, dan masih banyak lagi. “Ini kami lakukan untuk memperbaiki citra kerudung yang kerap diasumsikan jelek,” tegas Bapak Amry Gunawan.
3.       Manajemen Jihad
    Dalam manajemen jihad gaya Rabbani, diterapkan UMZ, upah minimun zakat. Penghasilan karyawan disesuaikan dengan batas minimum jumlah pembayaran zakat profesi. Agar mereka bisa menyisihkan uangnya untuk zakat.
Rabbani juga menerapkan 3S, yakni syukur, shadaqah dan serius." Syukur menerima berapa pun yang diberikan oleh Allah, banyak ataupun sedikit.
4.       reSHARE
Dalam perkembangan di aspek pemasarannya, Rabbani mengembangkan strategi pemasarannya, selain Pemasaran langsung ke end user (konsumen), Rabbani membina network pemasaranya itu membuka mitra dealer atau distributor tunggal per kota/kabupaten dan mengembangkan network  pengembangan outlet / reSHARE (retail outlet shariah) Rabbani.
Rabbani pun memiliki program bagi para calon pengusaha yang ingin mengikuti jejak Rabbani dengan nama TEBAR RAHMAT yang merupakan kependekan dari Ta’lim Bareng Rabbani Raih Manfaat.
5.       Menambah kapasitas produksi
Sebagai upaya untuk mendukung kesuksesan pengembangan strategi pemasaran yang telah dibina serta untuk mengakomodasi permintaan pasar yang semakin besar, Rabbani mengembangkan dan menambah kapasitas produksinya dengan mendirikan 5 (lima) buah pabrik garmen yang menyuplai seluruh produk rabbani, seperti kerudung sebagai produk utama, busana muslim seperti gamis, tunik, T-shirt muslimah, koko, kazko, manset, dll.  Kelima pabrik tersebut bertempat di Bandung dengan kemampuan produksi 1 pcs kerudung / 2 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar